Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rekomendasi Cara Belajar Terbaik untuk Anak Kuliahan Tahun Ini

Saat Anda sedang memikirkan apa saja trik dan cara menemukan belajar yang tepat, maka coba simak cara-cara berikut siapa tahu Anda bisa menemukan teknik belajar sendiri atau mengikuti tips di bawah ini:

Tips Belajar untuk Anak Kuliahan Tahun 2020

Rekomendasi Cara Belajar Terbaik


1.Memiliki Salinan Cetak

Di zaman serba canggih ini, orang-orang memang termanjakan dengan hal-hal digital. Mereka banyak bergantung pada website, ebook, dan hal-hal yang didapatkan dari aktivitas mengeklik, menggulir, dan menunjuk saja.

Memang benar, cara belajar dari media digital memang mampu meningkatkan akademis mahasiswa. Tapi sebuah survei mengatakan ada sampai 90% orang memilih salinan cetak daripada perangkat digital. 

Ini dikarenakan ketika belajar di media digital, mahasiswa lebih banyak melakukan pengulangan (baca berulang-ulang) sebelum bisa paham.

2.Melakukan Latihan Singkat

Menurut Dr. Douglas B. McKeag, berkeringat sesaat sebelum membaca buku dapat membuat kita lebih waspada, terbuka dan menyerap informasi baru pada sesi belajar. Studi juga menunjukkan otak kita bisa mendapat dorongan lewat latihan singkat dikarenakan tubuh kita memompa oksigen dan nutrisi ke otak.

3.Belajarlah Ketika Anda Bosan atau Lelah

Ada yang bilang belajar paling baik adalah waktu malam hari. Di waktu tersebut kita merasakan rasa lelah, dimana lelah bisa memicu konsentrasi yang tinggi. Itu berarti belajar sebelum tidur adalah waktu paling efektif.

Kenapa bisa begitu? Karena saat kita selesai belajar lalu tidur, memori otak bergerak dengan gelombang yang lambat, sehingga otak bisa mendapatkan pemulihan dan pengaktifannya kembali di waktu istirahat.

4.Hancurkan 'Curve of Forgetting'

Curve of Forgetting atau kurva melupakan adalah istilah penyebutan dimana saat pertama kali Anda mempelajari sesuatu, Anda hanya mempertahankan 80% dari yang Anda pelajari jika Anda meninjau materi itu selama 24 jam. 

Tapi setelah satu minggu berlalu, Anda dapat menyimpan 100% informasi dari yang Anda pelajari hanya dengan meninjau selama 5 menit.

Ada lagi tips belajar efektif untuk anak kuliahan lainnya. Namanya adalah 'Active Recall'. Ini adalah metode belajar yang menyarankan siswa untuk tidak membaca dan membaca ulang buku mereka, melainkan agar mereka menggunakan ingatan aktif dengan menutup buku lalu melafalkan apa saja yang mereka ingat.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk " 4 Rekomendasi Cara Belajar Terbaik untuk Anak Kuliahan Tahun Ini"