Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nih Tujuan Menuntut Ilmu Menurut Islam, Penting Anda Ketahui!

Tujuan menuntut ilmu bukan hanya sekedar untuk mencari pekerjaan, atau mengikuti trend. Namun lebih dari hal itu ya Guys.
Tujuan Menuntut Ilmu Menurut Islam
Karena, menimba ilmu sudah menjadi bagian dari roh Islam. Mengapa? Sebab, Islam telah mewajibkan seseorang menuntut ilmu. Lalu, apa saja sih tujuan menuntut ilmu yang sebenarnya menurut Islam? Simak berikut ini.

Menjalankan Syariat Islam
Menuntut ilmu memiliki tujuan untuk menjalankan syariat Islam. Karena, Allah SWT telah mewajibkan Umat Islam untuk menuntut ilmu baik perempuan maupun laki-laki.

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

Mengagungkan Allah SWT
Salah satu cara mengagungkan Allah SWT adalah dengan menuntut ilmu dan memuliakannya. Sehingga, menimba ilmu sangatlah penting dan diharuskan dalam Islam.

“Termasuk mengagungkan Allah ialah menghormati (Memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang Muslim dan para pengemban Al-Quran dan ahlinya, serta penguasa yang adil.” (HR. Abu Dawud dan Aththusi)

Memahami Ayat-Ayat Allah
Dengan menuntut ilmu, seseorang dapat memahami ayat-ayat Allah. Karena, di dalam Al-Qur’an terkandung banyak makna baik yang sifatnya tekstual maupun kontekstual. Hal ini perlu menggunakan ilmu supaya dapat  memahami tafsir-nya secara tepat.

Menghilangkan Kebodohan
Melalui sarana belajar atau mencari ilmu, seseorang dapat menghilangkan kebodohan. Karena, dia akan mempelajari banyak hal yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan. Lalu, kenapa kebodohan harus dihapuskan?

Hal ini tidak semata-mata untuk mencari duniawi saja, namun juga sebagai ladang ukhrawi. Pasalnya, kebodohan adalah penyakit yang dapat menyesatkan seseorang. Salah seorang Ulama mengatakan terkait kebodohan itu sebagai penyakit:

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah mengatakan di dalam Nuniyyah-nya:

والجهل داء قاتل وشفاؤه
 أمران في التركيب متفقان
نص من القرآن أو من سنة
 وطبيب ذاك العالم الرباني

“Dan kebodohan itu adalah penyakit yang mematikan. Obatnya adalah dua perkara yang disepakati yaitu nash dari Al Quran atau dari As Sunnah. Dan dokternya adalah seorang alim yang rabbani.”

Mendapatkan Jalan Menuju Surga
Menuntut ilmu adalah sebuah jalan menuju surga. Allah akan melancarkan jalan seseorang untuk mendapatkan surga, bila kita menuntut ilmu dengan niat karena Allah SWT.

“Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang tujuan menuntut ilmu. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca semuanya. Sehingga, kita dapat memiliki tujuan yang jelas dalam menimba ilmu. Oke, sekian dari kami dan terimakasih.
Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Nih Tujuan Menuntut Ilmu Menurut Islam, Penting Anda Ketahui!"