Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Listrik Gratis dari PLN Melalui WhatsApp (April - Juni 2020)

Sebagai bentuk bantuan dari pemerintah di tengah pandemi Corona ini, PLN memberikan gratis token listrik sampai 3 bulan lamanya bagi pelanggan daya 450 VA.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis dari PLN Melalui WhatsApp (April - Juni 2020)

Cara mendapatkan listrik gratis ini mudah, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengakses website resmi PLN, atau melalui WhatsApp.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kebijakan listrik gratis ini supaya tak salah kaprah nantinya.

Informasi Penting Tentang Kebijakan Listrik Gratis PLN

  1. Listrik gratis ini hanya tersedia untuk pelanggan daya 450 VA. Jika daya listrik Anda 900 VA, kalian bisa mendapat kebijakan lain yaitu potongan sebesar 50% dari total listrik yang harus dibayar. Sementara untuk di atas daya 900 VA, tidak mendapatkan token gratis ini
  2. cara mendapatkan listrik gratis melalui WhatsApp bisa dilakukan tanggal 6 April nanti, karena untuk sekarang server WhatsApp belum siap
  3. Anda sudah bisa mendapatkan listrik gratis jika mengaksesnya lewat website resmi PLN
  4. Jika pesan Anda di WhatsApp belum dibalas PLN, mohon bersabar. Jika tidak sabar bisa menggunakan website resmi mereka
Berikut ini adalah cara mendapatkan listrik gratis 3 bulan dari PLN.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis Lewat WhatsApp
Anda harus memiliki kontak PLN, berikut adalah nomornya: 08122-123-123
Segera masukkan lalu hubungi nonor itu.


  • Chat apa saja ke PLN, kemudian tunggu balasan
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang tersedia. Salah satu petunjuk itu adalah memasukkan ID pelanggan Anda
  • Tunggu beberapa saat, token gratis akan segera muncul
  • Masukkan token tersebut ke listrik Anda, dan selesai

Jika Anda tak sabar karena responnya lama, kalian bisa mencoba cara lain. Yaitu melalui website PLN.
Cara Mendapatkan Listrik Gratis Lewat Website PLN

  • Buka link berikut http://www.pln.co.id/
  • Kemudian pada menu informasi, klik opsi 'Gratis/Stimulus PSBB'
  • Masukkan data yang diminta, salah satunya adalah ID pelanggan kalian
  • Setelah itu token gratis bisa kalian dapatkan 

Itu lah cara mendapatkan listrik gratis dari PLN yang bisa Anda dapatkan dari website atau WhatsApp resmi PLN.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

30 komentar untuk "Cara Mendapatkan Listrik Gratis dari PLN Melalui WhatsApp (April - Juni 2020)"

  1. Alhamdulillah ada kebijakan ini di tengah pandemi, bisa membantu meringankan kondisi. Makasih infonya.

    BalasHapus
  2. Alhmdulillah keluarga ku terbantu dg adanya kebijakan tersebut. 😊

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas infonya. Kebijakan gratisuntuk pengguna listrik 450 Watt di tengah pandemi sangat membanty, apalagi bagi saudara-saudara kita yang terdampak pandemi covid 19 ini.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah jadi banyak orang terbantu selama pandemi seperti ini. Kasihan kalau engga ada bantuan yang riil. Karena, selama WFH kan penggunaan listrik tentunya meningkat juga ya, kak

    BalasHapus
  5. Ini yang kemarin sempat heboh juga ya di beberapa grup. Ada yang bisa, ada jg yang engga. Ternyata banyak yang belum tahu syarat dan ketentuannya. Terimakasih kak infonya.

    BalasHapus
  6. Banyak inovasi dari PLN dari stimulus hingga cara baca meter secara mandiri. Semoga pandemi ini segera selesai.

    BalasHapus
  7. Saya sudah melakukannya kak...Alhamdulillah dalam kondisi pandemi covid 19 ini adanya kebijakan listrik gratis benar-benar sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  8. Kebijakan yang lumayan membantu warga dengan daya 450 watt ya, apalagi di tengah masa pandemi yang entah sampai kapan. Terima kasih telah menuliskan kiat untuk mendapatkannya. Semoga ketika ada yang butuh info bisa terbantu banget ini

    BalasHapus
  9. Kebijakan ini sangat membantu kita-kita yang kekurangan dalam hal ekonomi. Semoga semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya, aamiin

    BalasHapus
  10. suami pernah coba dan enggak bisa haha, coba lagi dah siapa tau kali ini berhasil. terima kasih tulisannya.

    BalasHapus
  11. Semoga dimanfaatkan sebaik-baiknya sama masyarakat yg membutuhkan yaa Mba Sepwal. Jadi alokasi dananya bs buat beli asupan yg bergizi menambah daya tahan tubuh kan ya

    BalasHapus
  12. Banyak yang belum mengerti bagaimana memanfaatkan kebijakan dari pemerintah ini bang, semoga kedepannya PLN bisa mensosialisakan

    BalasHapus
  13. Tapi ini enggak semua dapat, kan? Keringanan hanya berlaku untuk R1 dan R1T. Untuk R1M enggak dapat

    BalasHapus
  14. Saya R1M,tidak bisa pakai cara itu. Padahal karena ganti mesin prabayar saja awalnya. Tapi gapapa, masih mampu kok, dan bea listrik kami masih 150an per bulan.

    BalasHapus
  15. nice info gan, bisa dicoba nihh agar bisa menikmati listrik gratis

    BalasHapus
  16. Meski saya gak bisa mendapatkannya, tapi kebijakan itu sangat membantu yang membutuhkan

    BalasHapus
  17. lumayan lah, kebijakan subsidi di tengah pandemi sangat membantu. jatah untuk listrik bisa dialihkan untuk ketahanan pangan.

    BalasHapus
  18. Lumayan banyak ini yang mendapatkannya ya. Saya tidak termasuk ke dalam golongan itu. Namun, informasi seperti ini pasti sangat membantu yang membutuhkan.

    BalasHapus
  19. semoga kebijakan diskon tagihan listrik ini menolong bnyk.masy yang membutuhkan ya terlebih yg terkena dampak Covid-19. Terima kasih sdh berbagi cara nya

    BalasHapus
  20. Informasi yang bermanfaat banget, Kak. Semoga dengan ada kebijakan listrik gratis ini, bisa mengurangi beban orang-orang yang terdampak wabah ini.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ini sangat membantu, tapi saat ini sepertinya sudah kurang yang menggunakan listrik 450 VA kalau yang 900 VA masih banyak sih, lumayanlah dapat potongan 50 %. Makasih infonya ya, akan saya sampaikan ke mama saya yang masih menggunakan listrik 900 VA

    BalasHapus
  22. wah alhamdulillah ini kebijakan PLN di tengah pandemi ini bisa meringkan mereka yang listrik450V ya

    BalasHapus
  23. Setahu saya banyak yang beruntung mendapatkan ini. Ikut bahagia. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  24. Wah ternyata mudah sekali ya. Semudah membalikkan telapak tangan. Eh salah, itu kan pepatah jadul. Ralat, semudah update status di whatsapp.

    BalasHapus
  25. Wah saya baru tau kalau caranya seperti itu. Sayang di rumah kami nggk bisa dapat listrik gratis. Tp semoga subsidi ini membantu rakyat kecil ya

    BalasHapus
  26. Cara yang bisa dicoba nih, aku memang gak dapet subsidi ini tapi kayaknya aku bisa ngebagiin info ini ke tetangga-tetanggaku deh. Lumayan ini untuk bertahan di tengah pandemi

    BalasHapus
  27. Kemarin keluarga kami nyoba dan ada masalah jadi gak bisa pakek versi gratis ataupun subsidi

    BalasHapus