Pentingnya Pendidikan Formal di Indonesia

Pendidikan merupakan hal yang wajib dimililiki oleh semua kalangan individu di Indoesia, sebab dalam setiap ajaran agama seseorang diwajibkan berusaha untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan nasional sendiri telah diatur dalam Undang-Undang dan peraturan menteri.

Pentingnya Pendidikan Formal di Indonesia

Menurut Undang-Undang sistem pendidikan nasional Nomor 20 Tahun 2003, disana tertulis bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, nonformal serta informal. Rupanya terdapat tiga pendidikan yang diakui di Indonesia.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pendidikan formal dan pentingnya pendidikan formal di Indoneisa. Sebelum lanjut lebih dalam, apakah anda sudah paham apa yang dimaksud dengan pendidikan formal itu sendiri ?
Pendidikan formal dapat diartikan sebagai jenis pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang dilaksanakan di sekolah, tentunya dengan beberapa syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Pendidikan formal memiliki jenjang pendidikan yang jelas dan berjenjang, yaitu mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Adapun beberapa karakteristik pendidikan formal adalah sebagai berikut ;

Karakteristik Pendidikan Formal

  • Pendidikan formal memberlakukan syarat tertentu bagi peserta didik
  • Memiliki kurikulum yang jelas
  • Materi pembelajaran yang digunakan bersifat akademis
  • Proses pendidikan yang cukup lama
  • Tenaga pengajar atau guru harus memenuhi kriteria atau klasifikasi tertentu
  • Terdapat pemberlakuan administrasi yang seragam
  • Penyelenggaraan pendidikan berasal dari pihak pemerintah atau swasta
  • Peserta didik atau siswa wajib mengikuti ujian formal

Dengan adanya karakterisitik seperti diatas, lalu apa sih sebenarnya tujuan umum dari pendidikan itu sendiri ? Tujuan pendidikan yaitu untuk membentuk insan yang memiliki kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Nah, sedangkan tujuan dan fungsi dari pendidikan formal adalah sebagai berikut.

Tujuan dan Fungsi dari Pendidikan Formal

Melatih Kemampuan Akademis
Pendidikan formal rupanya memiliki fungsi untuk melatih kemampuan akademis peserta didik. Adapun yang dimaksud dengan kemampuan akademis disini yaitu meliputi kemampuan logika, menghafal, analisis, memecahkan masalah dan lain sebagainya. Peserta didik yang memiliki kemampuan akademis yang baik pada umumnya lebih cekatan dalam memecahkan masalah dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Melatih Tanggung Jawab
Para peserta didik di sekolah formal akan diajarkan tentang bagaimana sikap bertanggung jawab. Tanggung jawab disini meliputi tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, menjaga kebersihan, menaati peraturan sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melatif Mental, Fisik dan Disiplin
Jalur pendidikan formal mengharuskan semua peserta didik untuk tiba di sekolah pada jam tertentu dengan tepat waktu, dan pulang pada jam tertentu yang sudah ditetapkan.

Nah, bukankah secara tidak langsung hal ini mampu melatih kedisiplinan para peserta didik ?
Jelas iya. Disamping itu, proses belajar di sekolah yang berlangsung secara terus menerus dan rutin pada akhirnya akan membentuk mental dan fisik para peserta didik menjadi lebih baik.

Mengembangkan Diri dan Kreativitas
Adapun fungsi dari pendidikan formal lainnya yaitu dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Salah satunya bisa diperoleh dari mengikuti program ekstrakurikuler yang diadakan oleh sekolah.

Ekstrakurikuler di pendidikan formal termasuk salah satu sarana untuk mengembangkan diri dan kreativitas peserta didik. Bukankah seseorang yang memiliki kemampuan atau kreativitas tertentu nantinya bisa menjadi pribadi yang lebih berkualitas jika kemampuan tersebut dikembangkan ?

Membentuk Identitas Diri
Identitas diri adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh tiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana nantinya identitas diri ini sangat diperlukan dalam dunia kerja dan di masyarakat. Dan pada umumnya, mereka yang memiliki pendidikn formal akan bereluang mendapatkan suatu pekerjaan dengan mudah karena identitas dirinya telah terbentuk.

Membangun Jiwa Sosial
Rupanya pendidikan formal juga turut memberikan peran dalam membangun jiwa sosial bagi seorang peserta didik. Hal ini dikarenakan interaksi sosial di sekolah yang akan memperluas hubungan sosial seorang siswa.

Demikianlah uraian singkat mengenai pentingnya pendidikan formal di Indoensia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda ya!

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Formal di Indonesia"