Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Non Formal di Indoensia

Sudahkah anda mengetahui hakikat pentingnya pendidikan ? Namun, apa sih sebenarnya arti pendidikan tersebut ? Pendidikan sendiri merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, penelitian atau pelatihan. Pendidikan dapat dilakukan di bawah bimbingan orang lain ataupun secara otodidak.

Pendidikan Non Formal di Indoensia
Lalu, pernahkah anda mendengar istilah pendidikan non formal ? Pendidikan non formal dapat diartikan sebagai jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang bisa dilaksanakan secara berjenjang dan terstruktur, hal ini dijelaskan dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan formal hakikatnya dapat diselenggarakan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah yang berpedoman pada standar nasional pendidikan. Nah, dikarenakan berpedoman pada standar nasional pendidikan, maka hasil dari pendidikan non formal ini bisa dihargai setara dengan pendidikan formal.

Lalu, apakah pendidikan non formal memiliki tujuan yang sama dengan pendidikan formal ? Nah, untuk hal ini mengacu pada pengertian pendidikan non formal di atas, yaitu tujuan utama dari pendidikan non formal yakni berfungsi untuk menambah, mengganti serta melengkapi pendidikan formal.

Adapun pada dasarnya pendidikan non formal ini memiliki dua tujuan utama, yakni yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan belajar tingkat dasar, seperti pengetahuan tentang alam, kesehatan dan gizi, keaksaraan, pengetahuan umum dan kewarganegaraan dan lain sebagainya.

Sedangkan tujuan yang kedua ialah untuk keperluan pendidikan lanjutan melengkapi pendidikan tingkat dasar dan nilai-niai hidup. Seperti pendidikan kesenian, pengajian, meditasi, sekolah minggu dan semacamnya.

Nah, seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap individu tentu membutuhkan pendidikan dan pembelajaran di dalam hidupnya agar dapat bertahan di masyarakat bukan  ?

 Untuk itulah diperlukan pendidikan non formal atau yang disebut dengan pendidikan di luar sekolah yang mana setiap individu akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat.

Lantas, apakah pendidikan non formal akan memberikan manfaat pada diri individu yang memanfaatkan kegiatan belajar diluar sekolah tersebut ? Jawabannya tentu, pendidikan non formal memiliki manfaat secara institusional yang memungkinkan taip individu memiliki ;

  • Kemampuan menghadapi tantangan hidup, baik dalam lingkungan keluarga atau dalam lingkungan masyarakat
  • Kesempatan mengembangkan kepribadian dan mengaktualisasikan diri
  • Kemampuan pengetahuan yang luas mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara
  • Kemampuan kesadaran akan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam rangka pembangunan manusia dan masyarakat
  • Kemampuan mencipatakan atau membantu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki

Nah, setelah anda mengetahui pengertian serta manfaat dari pendidikan non formal, tahukah anda akan jenis-jenis pendidikan non formal di Indonesia ?

Jenis-Jenis  Pendidikan Nonformal

  • Sanggar Kegiatan Belajar (SKB),
  •  Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BP-PLSP), 
  • Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB), 
  • Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta lembaga pendidikan non formal yang tumbuh dan berkembang di masayarakat seperti Organisasi Perempuan, LSM, LPTM dan organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Pendidikan non formal memiliki peran untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pengetahuan, keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian fungsional.

Adapun satuan pendidikan non formal sendiri terdiri dari lembaga kursus, keompok belajarm lembaga pelatihan, pusat kegiatan masyarakat dan satuan pendidikan yang sejenis.

Demikianlah uraian singkat mengenai pendidikan non formal yang ada di Indonesia. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda ya. Terimakasih!

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Pendidikan Non Formal di Indoensia"