Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah

Kegiatan belajar mengajar akan berjalan maksimal jika dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat. Mungkin kegiatan belajar mengajar di dalam kelas terlihat sederhana dan praktis, yaitu hanya sekedar transfer ilmu pengetahuan saja, namun sebenarnya disinilah letak kesulitannya. Bagaimana bisa ?
Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah

Sebab, bagi seorang guru diperlukan adanya keterampilan dalam mentransfer ilmu agar yang dijelaskan bisa diterima dengan baik oleh para siswa. Bukankah demikian ?

Lantas, bagaimana metode pembelajaran yang efektif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar ? Sebelum itu, mari kita uraikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran.

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan yang disertai dengan berbagai teknik dan sumber terkait lainnya, sehingga terjadilah yang bernama proses pembelajaran pada diri siswa. Atau dengan arti lain metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa saat dalam proses belajar mengajar.

Menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien sangatlah diperlukan dalam proses belajar mengajar. Sebab, dengan hal tersebut diharapkan guru dan para siswa dapat belajar dengan nyaman, menyenangkan dan tidak membosankan. Nah, apa saja metode  pembelajaran efektif ? Berikut di bawah ini akan dipaparkan uraian singkat bebrapa metode pembelajaran efektif yang dapat dijadikan seagai rujukan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

5 Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah

1. Metode Pemecahan Masalah 
Metode pembelajaran pertama yang bisa diterapkan dalam pembelajaran adalah metode pemecahan masalah atau problem solving. Dimana metode ini merupakan dilakukan dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik masalah pribadi maupun kelompok untuk dipecahkan sendiri ataupun secara bersama-sama. Nah, orientasi pembelajaran ini yaitu investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.

2. Metode Debat
Metode pemebalajaran efektif yang kedua ialah metode debat, yang mana merupakan metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra. Nah, di dalam kelompok tersebut, dua orang siswa berada dalam posisi kontra dan dua orang lainnya berada dalam posisi pro, dan mereka melakukan perdebatatan mengenai topik yang dibahas.

Setelah itu, hasil keduanya diberikan kepada guru, kemudian guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi yang melipiuti kedua posisi tersebut. Guru juga dapat mengevaluasi seberapa efektif siswa terlihat dalam prosedur metode debat.

3. Metode Ceramah
Metode berikutnya adalah metode ceramah yang merupakan metode pembelajaran konvensional, dimana prosesnya yaiu dengan menyampaikan informasi secara lisan kepada para siswa. Metode yang satu ini dianggap sebagai metode paling praktis, walaupun masih memiliki kekurangan di dalamnya.

Adapun kelebihan metode ceramah yaitu guru mampu mengendalikan kelas sepenuhnya dan mendorong siswa supaya berusaha melatih fokus. Sedangkan kekurangan dalam metode ini yaitu para siswa cenderung menjadi pasif karena hanya mendengarkan, kegiatan belajar mengajar dapat membosankan serta proses pengajaran lebih utama fokus pada kata-kata saja.

4. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu metode pembelajaran yang mengedepankan aktivitas siswa dalam belajar untuk memecahkan sebuah masalah. Metode yang satu ini dilakukan dengan cara membentuk kelompok diskusi guna membahas suatu masalah yang dihadapi.

Adapun metode diskusi ini memiliki kelebihan yaitu dapat mendorong siswa aktif dalam menyampaikan pendapat, mendorong siswa untuk berpikir kreatif serta melatih siswa menghargai pendapat orang lain dan melatif tentang toleransi.

5. Metode Karya Wisata
Metode ini adalah metode pembelajaran dengan memanfaatkan tempat tertentu yang dinilai memiliki sumber ilmu bagi para siswa.

Metode karya wisata haruslah mendapat pengawasan langsung dari guru. Metode yang satu ini rupanya memiliki kelebihan seperti kegiatan pengajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik, memanfaatkan interaksi langsung dengan lingkungan alam, juga dapat memancing siswa untuk lebih kreatif dalam berpikir.

Itulah beberapa metode pembelajaran efektif yang dapat diterapkan di sekolah. Sebenarnya masih terdapat banyak metode pembelajaran efektif lainnya. Namun, dari kelima metode diatas, adalah metode paling efektif yang patut dicoba dalam proses belajar mengajar.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

1 komentar untuk "Metode Pembelajaran Efektif di Sekolah"

  1. metode karya wisata adalah yang paling saya sukai. karena belajar di tempat outdoor. misal kita bisa berwisat ketempat yang mengandung banyak sejarah, selain menambah wawasan juga bertambah pula pengetahuan

    BalasHapus

Posting Komentar