Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Dalam pendidikan baik formal maupun informal tentu di dalamnya membutuhkan media yang mendukung untuk proses belajar mengajar. Sebelum lanjut lebih dalam mengenal jenis media pembelajaran, tahukah anda apa yang dimaksud dengan media pembelajaran ?

Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran itu sendiri adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yakni meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar kepada peserta didik.

Saat ini media pembelajaran dalam hal-hal tertentu dapat mewakili guru dalam menyajikan informasi belajar kepada para siswa. Apabila progaram media tersebut di desain dan dikembangkan dengan baik, maka fungsi media pembelajaran dapat diperankan oleh media walaupun tanpa keberadaan guru.

Dalam proses belajar mengajar, peran media sangat penting guna memudahkan proses pembelajaran. Untuk menyampaikan ilmu pembelajaran kepada para peserta didik, biasanya guru menggunakan alat bantu mengajar berupa gambar, model atau alat-alat lainnya.

Hal ini tak lain adalah bertujuan supaya memberikan pengalaman konkrit, mempertinggi daya serap dan retensi belajar serta motivasi belajar. Ya, inilah yang dimaksud dengan media pembelajaran yang sebenarnya.

Apa sebenarnya fungsi dari media pembelajaran ?
 Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Adapun manfaat atau fungsi media pembelajaran lainnya adalah sebagai berikut ;
  •  Memperlancar interaksi antara guru dengan peserta didik, sehingga kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien
  • Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan. Ya, dengan adanya media maka penafsiran yang berbeda antar guru bisa dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara peserta didik dimanapun berada
  • Proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan jelas. Sebab, media dapat menampilka informasi melalui gambra, suara, gerakan dan warna, baik itu secara alami ataupun manipulasi, sehingga menjadikan suasa belajar tidak membosankan
Lalu, apa saja sih jenis-jenis media pembelajaran ? 
Ternyata jenis media pembelajaran banyak sekali macamnya. Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran yang ada unutk menunjang proses pembelajaran. Apalagi di zaman modern saat ini, peran teknologi canggih telah masuk ke berbagai aspek, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Berikut ini beberapa jenis media pembelajaran yang perlu diketahui ;

Beberapa Jenis Media Pembelajaran

1. Media Visual (Gambar)
Jenis media pembelajaran visual merupakan media yang mengandalkan indera penglihatan. Media ini menampilkan materialnya dengan memanfaatkan alat proyeksi atau proyektor. Media visual berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan menggambarkan fakta yang mudah diingat.

 Jenis media visual terbagi menjadi dua, yaitu media visual diam dan media visual gerak. Adapun contoh dari media visual diam yaitu berupa ; foto, flashcard, ilustrasi, film bingka, potongan gambar, bagan, diagram, grafik, peta, poster dan lain-lain. Sedangkan media visual gerak berupa gambar-gambar proyeksi seperti film bisu dan sebagainya.

2. Media Audio
Jenis media pembelajaran kedua yaitu berupa audio yang berkaitan erat dengan indera pendengaran, dimana berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan.

Ditinjau dari sifat pesan suara yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal ataupun non verbal, contohnya seperti ; telepon, radio, laboratorium bahasa, tape recorder dan lain-lain.

3. Media Audio Visual
Media pembelajaran berupa audio visual ini rupanya media yang mampu menampilkan suara sekaligus gambar.

Dilihat dari karakteristiknya, media yang satu ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu media audio visual diam seperti TV diam, halaman bersuara, film rangkai bersuara dan buku bersuara. Sedangkan media audio visual gerak berupa Film TV, film berusuara, gambar bersuara dan sejenisnya.

Demkianlah uraian singkat penjelasan media pembelajaran dan jenis-jenisnya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi anda ya!

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Media Pembelajaran"