Cara Membuat Musik di Microsoft Excel

Ternyata, Excel lebih dari apa yang kita manfaatkan selama ini. Bukan cuma sebagai pengolah angka-angka, Microsoft Excel pun bisa digunakan untuk berbagai hal lain misalnya adalah: memuat game Civilization atau XCOM, menggambar Gundam, dan sekarang adalah membuat musik di Microsoft Excel.

Cara Membuat Musik di Microsoft Excel

Hal ini sempat dijadikan lelucon, karena menganggap tak percaya kalau Ms. Excel bisa digunakan untuk membuat musik. Tapi Dylan Tallchief membuktikan bahwa Excel benar-benar bisa digunakan untuk membuat musik

Dylan Tallchief adalah seorang YouTuber, Anda bisa melihat hasil karya berupa musik drum atau cover lagu yang dibuat di Excel itu di channelnya.

Untuk membuat musik di Excel, Anda akan memanfaatkan fungsi salah satu piranti lunak, yaitu Ableton Live 8.

Menurut Dylan Tallchief, lembar kerja Excel mirip dengan fitur yang ada di DAW (Digital Audio Workstation) yang bernama fitur Pattern dan Clip. Jadi bukan sesuatu hal yang mustahil membuat musik di lembar kerja Excel tersebut.

Cara Dylan Tallchief Membuat Musik dengan Microsoft Excel

Sebenarnya di setiap video Dylan Tallchief yang ia upload di Youtube, menyertakan tutorial bagaimana ia membuat musik tersebut. Anda bisa melihatnya langsung di channelnya, atau membaca informasi singkat berikut.

1. Menggunakan Drum Machine
Pada permulaannya, Dylan Tallchief membuat musik dengan instrumen drum yang kemudian disusun sedemikian rupa hingga membentuk bait-bait nada yang indah. Musik tersebut dibuat menggunakan Ms. Excel, namun kata Dylan, software tersebut tidak bisa secara mandiri membuat nadanya sendiri.

Meskipun mirip seperti DAW, tapi Ms. Excel membutuhkan bantuan dari aplikasi lain. Di sini Dylan Tallchief menggunakan Drum Machine yang akan ia jadikan sebagai midi controller untuk Ableton.

2. Cover Lagu di Ms. Excel
Setelah membuat bait-bait nada dari instrumen drum, Dylan menunjukkan karya terhebatnya lagi. Ia mengcover lagu berjudul 'Take on Me' oleh a-ha, semua proses pengerjaan musik dilakukan dengan Ms. Excel.

Meskipun tidak ada suara dari penyanyi, tapi rangkaian nadanya sangat mirip dengan lagu tersebut.
Ia kemudian menamai program itu xlStudio yang merupakan plesetan dari piranti musik lunak FL Studio.

Untuk mendapatkan Excel yang sudah dimodifikasi yang diberi nama xlStudios itu, Anda harus mengunduhnya dulu.

3. Cara Menggunakan Excel untuk Membuat Musik
Dibilang mirip seperti DAW, tapi tetap saja jika keduanya dibandingkan lebih unggul DAW. Untuk penampilannya Excel menampakkan tampilan yang lebih rumit. Butuh pemahaman betul supaya Anda tahu bagaimana cara kerja software Excel yang dimodifikasi itu.

Pertama-tama kalian bisa membuat sketsa, Anda dapat menambahkan berbagai not, juga bisa memasukkan instrumen musik seperti drum, piano, efek-efek nada dan lain-lain.
Setelah semuanya selesai, Anda bisa menyimpannya dalam format .als

Itu lah penjelasan singkat membuat lagu di Ms. Excel.
Tertarik mencobanya? Atau lebih nyaman menggunakan DAW?

Tapi pada dasarnya Excel digunakan untuk mengolah angka, bukan membuat musik. Jadi bila ada banyak kekurangan, itu wajar-wajar saja.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Musik di Microsoft Excel"