Soal Latihan Ujian Nasional SMA Pelajaran Biologi dan Pembahasan

Artikel ini membahas tentang soal ujian nasional beserta pembahasan terbaru materi pembelajaran biologi, ketika anda akan menghadapi ujian nasional atau UN anda pasti akan disibukkan dengan belajar, semoga artikel ini membantu anda dalam belajar.

Ujian semakin dekat tentunya anda tidak akan bisa lagi untuk bersantai santai karena nilai adalah prioritas untuk berprestasi dan membanggakan orang tua bukan? Maka dari itu blog RajinGeh membahas mengenai soal ujian nasional Biologi SMA terbaru beserta pembahasannya untuk anda.

Saya akan memberikan beberapa soal dan pembahasan sebagai contoh dan memberikan sebuah file ujian nasional biologi beserta pembahasan lengkapnya dan anda bisa download file tersebut agar mendapatkan contoh soal lebih banyak lagi.

Dalam file ujian nasional biologi tersebut, terdapat 400 soal biologi dan pembahasannya yang dapat anda pelajari untuk mempersiapkan ujian nasional.

Berikut beberapa contoh soal UN biologi dan pembahasan

1. Perhatikan ciri-ciri dari makhluk hidup berikut ini !

1. Eukariot
2. Heterotrof
3. Pencernaan ekstra seluler
4. Tidak memiliki klorofil,
5. Dan dinding sel tersusun atas kitin


Peranan dari organisme yang memiliki ciri di atas dalam ekosistem adalah....

A. konsumen
B. produsen
C. dekomposer
D. detritivor
E. herbivor



Jawaban : C



Pembahasan :
Organisme yang mempunyai ciri dengan pernyataan di atas adalah jamur. Jamur ini merupakan kelompok dari makhluk hidup yang memperoleh makanannya dengan cara menguraikan dari sisa makhluk hidup lainnya.

2. Pencemaran lingkungan ini dapat ditimbulkan dari berbagai bahan pencemar, salah satunya yakni penumpukan kotoran dari peternakan. Cara untuk mengatasi bahan pencemar itu sehingga akan menjadi bermanfaat bagi manusia adalah....


A. mengeringkan lalu memadatkannya untuk bahan bakar
B. menampung lalu memprosesnya menjadi biogas
C. mengolah menjadi makanan ternak
D. memanfaatkannya untuk kebutuhan industri kertas
E. memproses untuk bahan campuran dari industri kayu lapis

Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu dari pencemaran lingkungan ini dapat disebabkan dari penumpukan kotoran peternakan. Seperti dari kotoran peternakan sapi yang tentu menimbulkan bau yang tidak sedap dan hal ini dapat menjadi sumber penyakit bagi lingkungan sekitar jika tetap didiamkan. Lewat perkembangan teknologi khususnya dari bioteknologi mempunyai cara mengatasi penumpukan kotoran sapi yang merupakan limbah organik yang akan menjadi bahan lebih bermanfaat seperti biogas.


3. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari RNA:

1. disintesis dari pola DNA
2. menerjemahkan kodon mRNA
3. mengatur urutan asam-asam amino
4. hasil dari aktivitas transkripsi
5. membawa kode genetik ke ribosom
6. mengikat asam-asam amino
Fungsi dari mRNA adalah....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 5, dan 4
D. 1, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 3

Jawaban : D

Pembahasan :
Messenger RNA atau mRNA bisa disebut RNA duta yang berfungsi untuk menyampaikan informasi genetik dari DNA yang terdapat pada inti sel ke luar inti (ribosom) dan untuk diterjemahkan menjadi asam amino. mRNA berbentuk pita tunggal dan akan dibentuk di dalam inti sel oleh DNA melalui proses transkripsi. Pembentukan mRNA ini hanya terjadi apabila dilakukan sintesis protein.


4. Bakteri kemosintesis yang terlibat dalam persamaan dari reaksi
Ca(NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  adalah....
A. Nitrosomonas
B. Nitrobacter
C. Aztobacter
D. Acetobacter
E. Nitrococcus

Jawaban : B

Pembahasan :
Kemosintesis yaitu reaksi anabolisme yang menggunakan energi dari reaksi kimia. Kemosintesis ini digunakan oleh beberapa jenis bakteri, salah satunya bakteri Nitrit (Nitrosomonas dan Nitrococcus), bakteri Nitrat (Nitrobacter), dimana dari bakteri yang terlibat adalah bakteri nitrat yaitu Nitrobacter. Reaksi kimia ini akan menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan untuk sintesis karbohidrat dari sumber karbon anorganik.


5. Mikroorganisme yang digunakan dalam suatu proses bioteknologi harus memiliki sifat-sifat tertentu, di antaranya...

A. menghasilkan suatu produk yang bersifat alergen
B. merupakan suatu mikroba patogen yang membahayakan
C. tidak menghasilkan racun, atau toksin sampingan berbahaya
D. memiliki produktivitas yang tinggi serta sifat yang mudah dikendalikan
E. memerlukan suatu persyaratan nutrisi yang rumit

Jawaban : D

Pembahasan :
Proses dari bioteknologi pada umumnya mencakup suatu pengubahan bahan baku dari aktivitas organisme untuk menghasilkan produk akhir yang diinginkan. Meski demikian ukurannya sangat kecil mikroorganisme mempunyai peranan yang sangat besar untuk menghasilkan produk bioteknologi.

Dari contoh soal ujian nasional biologi SMA dan pembahasannya, itu hanyalah sebagian contohnya, dan saya akan memberikan soal ujian sma biologi beserta penjelasannya, ada 400 soal ujian nasional biologi dan anda bisa mengunduh melalui link di bawah ini.

Dari beberapa contoh soal UN di atas semoga dapat berguna buat anda yang sedang menghadapi ujian sekolah atau ujian nasional SMA pelajaran biologi, share ke teman teman jika ini bermanfaat.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Ujian Nasional SMA Pelajaran Biologi dan Pembahasan"