Arti Penting Pendidikan Bagi Bangsa Indonesia

Masyarakat Indonesia kini semakin mengerti akan pentingnya pendidikan terlebih untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari semakin berkembangnya tempat pendidikan anak usia dini, baik itu formal dan non formal di berbagai daerah di Indonesia.

Arti Penting Pendidikan Bagi Bangsa Indonesia

Bentuknya sangat beragam, yaitu mulai dari taman kanak-kanak, tempat bimbingan belajar anak, taman bermain, kelompok bermain dan lain sebagainya.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah, pentingnya pendidikan untuk semua kalangan merupakan hal yang harus diutamakan oleh pemerintah. Pendidikan adalah solusi dari manusia untuk dapat mempertahankan hidup dan kehidupannya.

Oleh karena itu, dorongan untuk belajar harus dimiliki oleh semua warga masyarakat agar dapat menuntut ilmu melalui jalur pendidikan baik itu formal ataupun nonformal.

Lalu, apakah arti penting pendidikan bagi bangsa Indonesia ? 

Tak lain adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, cakap, berilmu, mandiri, sehat, bertanggung jawab serta dapat menjadi warga negara yang bermanfaat bagi orang banyak.

Bukankah Indonesia telah mengenal sosok tokoh nasional, toko kemerdekaan dan tokoh pendidikan nasional ?

Ya, Ki Hajar Dewantara merupakan sosok pejuang pendidikan yang membawa pengaruh besar bagi pendidikan bagsa Indonesia. Dialah sosok yang mampu mendobrak kebohodan bangsa menuju zaman kepandaian. Lantas, apakah masyarakat Indonesia saat ini akan hidup untuk melalaikan perjuangan beliau yang terus berjuang pada kehidupan terdahulu yang terjajah ? Tentu tidak bukan ? Sebagai manusia cerdas masa kini, kita harus dapat berfikir akan pentingnya pendidikan bagi keberlangsungan hidup serta kemajuan bangsa dan negara.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, maka pendidikan pun juga harus semakin maju dan berkembang. Mengapa demikian ? Sebab, pendidikan disini memiliki peran penting di dalam drama kehidupan dan kemajuan umat manusia. Pendidikan berfungsi untuk menyiapkan tenaga kerja, menjadikan manusia sebagai manusia, serta menjadikan manusia sebagai warga negara yang baik.

Salah satu sarana paling strategis untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa adalah pendidikan. Mengapa ? Sebab, sebenarnya kemajuan suatu bangsa dapat diukur oleh kemajuan pendidikannya. Bukankah demikian ?

Dan ternyata, keyakinan semacam ini telah diyakini oleh bangsa Indonesia sendiri, yang menjadikan pendidikan sebagai tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas bangsa. Namun sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia belum menunjukkan keberhasilan yang baik.

Saat ini kita hidup di era modern yang serba canggih dimana arus globalisasi semakin bergejolak, dan masyarakat semakin dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai. Sebab apa ? Sebab, dengan kemajuan ilmu yang menodong kemajuan teknologi kini menyebabkan adanya banyak perubahan di segala bidang kehidupan.

Dan perubahan tersebut dapat membawa keuntungan dan kerugian. Nah, disinilah pentingnya pendidikan bagi bangsa Indoneisa, dimana sebagai upaya untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi seiring berkembangnya zaman.

Semakin majunya kehidupan, maka masyarakat pun tentu akan menyadari akan pentingnya pendidikan sebagai pemberantas kemiskinan. Ya, karena masalah pengangguran yang terus bertambah dari tahun ke tahun ini juga diakibatkan karena rendahnya pendidikan.

Sedangkan pendidikan sendiri merupakan kriteria kelayakan untuk mendapat pekerjaan. Maka dapat dikatakan bahwa pendidikan sendiri sebenarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup masyarakat.

Disamping itu, pendidikan juga memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa. Ya, pendidikan mampu menjadikan bangsa Indonesia menjadi manusia yang benar-benar manusia, mengenal Tuhan, mengerti akan pontesi yang dimilikinya serta mampu mengantarkan mereka menjadi manusia yang memandang manusia lain seperti dia memandang dirinya sendiri. Pendidikan akan mengajarkan kita memiliki perilaku yang benar dan budi pekerti yang luhur, sehingga dapat membentuk bangsa yang beradab.
Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "Arti Penting Pendidikan Bagi Bangsa Indonesia"