4 Aturan Dasar dalam Membuat Peraturan di Kelas

Peraturan membuat anak-anak lebih teratur, anak juga akan belajar tentang risiko dan tanggung jawab bila melanggar peraturan tersebut. Dengan peraturan, kita bisa membuat kehidupan kelas lebih tertib. Sebagai guru, penting bagi Anda mengetahui aturan dasar membuat peraturan di kelas.

4 Aturan Dasar dalam Membuat Peraturan di Kelas

Dengan mengetahui aturan ini, kita harap peraturan-peraturan yang Anda buat bisa lebih mereka hargai.

Aturan Dasar Membuat Peraturan di Kelas

1. Menghindari Kata 'Jangan'
'Jangan' adalah kata-kata yang terlalu mengancam, kata-kata itu begitu mengintimidasi, dan bukannya membuat anak-anak takut, tapi malah merasa tertantang. Banyak yang mungkin menyepelekan kata 'Jangan'.

Gunakanlah bahasa yang baik, jangan gunakan bahasa negatif. Salah satu kata negatif itu adalah kata 'Jangan' dan 'Tidak boleh'. Cobalah membuat peraturan bernada positif seperti ini:

  • Buanglah sampah di tempatnya
  • Mari mendengarkan guru ketika sedang mengajar
  • Berbicara di dalam kelas membuat Guru merasa tidak dihargai
  • Murid harus disiplin 

2. Membuat Peraturan Bersama-Sama dengan Anak
Aturan dasar membuat peraturan di kelas ini akan lebih baik dan menyenangkan saat peraturan itu ditetapkan bersama-sama dengan siswa-siswi Anda. Dengan begitu, mereka lebih menghargai peraturan-peraturan itu karena mereka sendiri yang membuat peraturan itu.

3. Memberikan Peraturan Berjumlah Sedikit
Mungkin ada banyak peraturan yang ingin Anda berikan pada siswa-siswi Anda. Tapi peraturan yang banyak cenderung membuat para siswa-siswi susah mengingatnya. Ini juga membuat Anda kesulitan mengingatnya atau dalam menegakkannya.

Sebagai saran, alangkah baiknya Anda membuat satu peraturan yang memuat beberapa peraturan.
Seperti peraturan 'mengikuti instruktur guru'. Satu peraturan itu sudah mencakup beberapa arti: peraturan agar para siswa duduk dengan tertib, tidak makan saat belajar, tidak berisik dan lain-lain.

4. Konsisten dan Adil
Jika ada satu murid yang melanggar peraturan tapi Anda abaikan, maka itu akan memicu murid lain melakukannya karena merasa tidak menerima hukuman. Atau membuat murid yang mendapat hukuman yang tidak didapat murid lain menjadi iri.

Sebagai guru, kita harus menjadi contoh yang baik untuk anak didik. Dengan bersikap adil dan konsisten, ciptakanlah peraturan-peraturan  kelas yang disepakati bersama oleh anak-anak didik Anda dengan berdasar pada aturan dasar membuat peraturan di kelas ini.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

Posting Komentar untuk "4 Aturan Dasar dalam Membuat Peraturan di Kelas"