Templat Microsoft Excel untuk Bisnis UMKM

Pembukuan pada sebuah bisnis itu penting. Dari sana Anda bisa melihat peningkatan, penurunan, kerugian, keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.
Dalam mengelola data tersebut, Anda tak hanya mencatat apa yang ada di setiap harinya. Tapi juga mencatat apa yang masuk dan keluar.

Templat Microsoft Excel untuk Bisnis UMKM

Supaya bisa membuat pembukuam drngan baik, Anda butuh pengetahuan mengenai ilmu akuntansi. Namun yang tak kalah penting juga adalah software untuk membuat data-data tersebut.

Excel menjadi salah satu software yang bisa membantu usaha Anda. Di sana juga tersedia berbagai template yang bisa membantu pembukuan Anda menjadi lebih mudah, ringkas dan jelas.

Template Ms. Excel yang Cocok digunakan untuk Bisnis UMKM

1. Penjurnalan
Ini adalah tahap pertama dalam proses akuntansi. Pelaku bisnis UMKM wajib membuat buku penjurnalan agar tahu laba, rugi, piutang, penjualan dan lain-lain.

Penjurnalan mengindentifikasi uang yang masuk dan keluar, untuk apa uang itu keluar atau darimana asalnya uang itu masuk. Segala transaksi dicatat dengan detail, meliputi transaksi debit dan kredit.

Di Excel, Anda bisa membuat tabel ini lebih mudah menggunakan template yang telah disediakan.

2. Buku Besar
Setelah melawati penjurnalan, informasi akan diolah lagi menjadi lebih singkat. Buku Besar akan menggolongkan setiap jenis transaksi, kemudian disatukan dengan yang sejenis agar data lebih ringkas.

Membuat Buku Besar lebih mudah dibandung melakukan penjurnalan. Sebab data yang diolah berasal dari penjurnalan, tidak sampai membuka data-data lainnya. Dan semakin mudah ketika dibantu dengan Ms. Excel.

Di Buku Besar ini Anda juga harus menjumlahkan dan mengurangi. Manfaatkan rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan rumus-rumus lain untuk mencari jawabannya.

3. Neraca Saldo
Neraca Saldo berguna untuk melihat kesimbangan antara kredit dan debit. Jika hasil dari kredit dan debit nanti berjumlah sama, maka Neraca Saldo seimbang.
Di sini Anda akan membutuhkan bantuan mesin penghitung Excel dengan rumus SUM.

Tak perlu pusing dengan hitung menghitung, cukup catat dan isi akun-akun tersebut secara tepat.

4. Laporan Keuangan
Template Excel untuk bisnis selanjutnya adalah laporan keuangan. Kalian tidak membutuhkan tabel, hanya menambahkan text dan keterangan saja maka pembukuan pada bisnis Anda telah selesai.

Ruang Edukasi
Ruang Edukasi Sosok orang yang senang membaca hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi Dan Pendidikan

3 komentar untuk "Templat Microsoft Excel untuk Bisnis UMKM"

  1. baru tau ada templete untuk bisnis UMKM di excel wkwk, nice info gan

    BalasHapus
  2. alhamdullilah ahirnya ketemu juga ini template untuk bisnis yang berada di microsoft excel. Cocok banget untuk bisnis UMKM untuk membuat laporan keuangannya

    BalasHapus

Posting Komentar